The Long Tail

The Long Tail
Page content

Anderson, c. 2011. the long tail. jakarta: kepustakaan populer gramedia.

Buku ini cocok banget buat kamu pebisnis dan pegiat internet. Mengapa? Karena di buku ini, kamu akan mendapatkan fakta bahwa bisnis saat ini berubah. Kalau dahulu kala, bisnis itu mengikuti aturan “siapa yang paling hits produknya, maka dia yang paling ramai”. Contohnya saja seperti kfc, mcd, supreme, dll.

Namun zaman telah berubah. Saat ini tiap individu bisa memilih barang yang dia inginkan. Jadi nggak peduli kalau dia nggak suka supreme dan lebih suka nike. Atau lebih suka swallow. Bahkan, barang-barang unik pun banyak berkeliaran di internet.

Lalu, orang-orang pun saling berkelompok berdasarkan minat mereka masing-masing. Makanya, kita lihat saat ini ada komunitas vespa, musik indie, odoj, kbm, bahkan odop. Itu semua berkat internet.

Apa itu long tail?

Long tail itu artinya ekor panjang. Bisa diibaratkan seperti dinosaurus lah.

Ekor panjang itu adalah panjangnya bisnis yang mampu kita gapai. Dengan internet, ekor itu semakin panjang karena semakin banyak yang bisa kita jangkau.

Long tail juga berarti betapa banyaknya komoditas yang ditawarkan. Semakin berkembangnya internet, bisa kita lihat betapa banyaknya barang yang ditawarkan. Pernahkah kita menghitung berapa banyak yang ditawarkan di shopee, bukalapak, tokopedia, atau berapakah banyak artikel yang ada di wikipedia? Jutaan? Yap, itulah ekor panjang.

Segalanya tentang niche

Dengan banyaknya barang yang ditawarkan (seribu, seratus ribu, sejuta), maka pembeli atau konsumen bisa memilih dengan bebas apa yang dia inginkan. Jadi, nggak terpaku lagi tentang barang apa yang sedang hits. Saat ini, konsumen bisa secara aktif memilih apa yang dia inginkan sesuai dengan minatnya.

Apakah banyaknya barang membuat konsumen bingung? Tentu saja tidak. Internet bukan hanya menyajikan segalanya. Namun, dia memiliki berbagai algoritma untuk membaca apa yang disukai oleh setiap orang. Misalnya saja kita lihat situs google. Ada berapa banyak data yang dimilikinya? Triliunan? Atau bahkan lebih. Namun, kita bisa dengan mudah mencari informasi yang kita inginkan secara akurat.

Dan tentu saja dengan niche yang khusus, bagi para pedagang tentu sebaiknya mengkhususkan barangnya pada satu niche sehingga pembeli yang saat ini tentunya memiliki pilihannya sendiri dan minat yang unik dapat terus setia dengan dagangan-daganganmu. Hal ini berlaku pula bagi para publisher atau blogger.

Dan tentu saja, perbanyak konten yang kamu miliki.

Tampilan

Buat kamu yang nggak suka baca berat, cocok banget baca buku ini.

Keren deh tampilannya komik. Apalagi untuk sebuah buku edukasi bisnis. Tentu ini sangat menarik sekali. Di setiap halamannya, kita akan menemukan ilustrasi yang tepat menggambarkan setiap penjelasan. Penjelasannya pun ringan-ringan hingga mudah dicerna.

Harga

Harganya 3 ribu soalnya aku beli di promo gramed. Harga aslinya sih nggak tau.

Buku yang berkaitan sama buku ini

Kamu bisa baca buku the devil’s advocate yang merupakan buku bisnis juga namun dengan pemaparan yang unik. Hmmm… mungkin nanti aku buat reviewnya juga.